Bengkelmaket.com – Pengertian Maket

Maket adalah bentuk tiruan kecil dari sebuah bangunan, interior dan furniture bangunan, gedung, kawasan, rumah tinggal, bermacam tanaman atau jenis kendaraan dan lain sebagainya. Biasanya maket ini dibuat pada skala tertentu. Maket merupakan sebuah bentuk nyata yang bisa dilihat, dipegang dan dirasakan lewat indera peraba kita. Maka itu bisa dikatakan bahwa maket dengan berbagai keunggulannya merupakan sebuah bentuk 4 dimensi.

Maket biasanya terbuat dari berbagai bahan semisal akrilik, kayu, kertas, tanah liat, atau bahan lainnya yang memungkinkan. Maket sangat berguna untuk menampilkan gambaran visual yang umumnya mengenai sebuah bangunan gedung, penggalan kawasan, display rumah tinggal atau jenis kendaraan dengan skala yang disesuaikan. Maket diharapkan agar mampu menjelaskan bentuk tanpa perlu mengamati langsung objek aslinya. Maka itu sebuah maket sering digunakan untuk presentasi berbagai produk kepada orang lain.

Maket Umumnya digunakan di bidang property, arsitektur, pembuatan film, militer, dan atau hanya sebagai sebatas hobi. Masing-masing bidang tersebut memaksimalkan maket untuk tujuan yang berbeda-beda. Bisa dikatakan bahwa maket ini memiliki manfaat yang sangat luas.

Contohnya di bidang property, maket digunakan untuk keperluan marketing semisal untuk memvisualkan produk perumahan, apartemen atau gedung milik pengembang. Di bidang arsitektur, maket untuk banyak digunakan untuk mempresentasikan sebuah ide dan atau karya desain. Dalam dunia perfileman, maket digunakan sebagai set sebuah lokasi atau untuk menampilkan gedung tertentu dengan tujuan penghematan anggaran. Di bidang militer, maket digunakan untuk menjelaskan sebuah strategi militer.
Untuk menemukan tim jasa pembuatan maket yang kredibel tentunya harus melihat berbagai faktor. Harus dipastikan bahwa tim mereka memiliki workshop dengan segala perlengkapannya.

Semakin komplit alatnya akan semakin baik. Harus dicek juga portofolio pekerjaannya, untuk disesuaikan dengan kebutuhan maket kita. Dan jika memungkinkan untuk bisa dicek juga testimoni klien-klien yang pernah menggunakan jasa mereka jika ada.

Tim Jasa pembuatan maket mestinya juga bisa diajak berdiskusi mengenai detil maket yang akan kita kerjakan dan bahkan mereka bisa memberi bermacam saran positif berdasarkan pengalaman. Umumnya tim jasa pembuatan maket memiliki memiliki paling tidak seorang personil dengan background pendidikan arsitektur sehingga mereka mampu mengoperasikan software desain semisal autocad dan 3D sketchup. Karena dari data inilah yang kemudian nanti diolah menjadi sebuah bentuk fisik berupa maket.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *