Studio Maket
Edit Content

MAKET KAWASAN PT. PERTAMINA CPP MATINDOK

Jasa maket Portofolio Project MAKET KAWASAN PT. PERTAMINA CPP MATINDOK. Pada project maket kali ini, tim Bengkel Maket mendapatkan kesempatan untuk mengerjakan Maket Kawasan Pertamina Central Processing Plant (CPP) Matindok. Maket ini dipesan oleh PT. Pertamina EP Cepu Regional 4 Zona 13 yang membawahi wilayah kerja Donggi Matindok yang berada di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Pertamina CPP Matindok merupakan salah satu entitas bisnis Pertamina EP Cepu yang memproduksi gas dan kondensat dari sumur gas aktif Donggi dan Matindok.

Maket kawasan Pertamina CPP Matindok dibuat untuk merepresentasikan alur proses pengolahan gas dari bentuk gas alam hingga menjadi gas murni yang siap dipasarkan. Oleh karena itu, beberapa equipment utama yang memproses dan mengolah gas harus lebih ditonjolkan antara lain Gas Separation Unit (GSU), Booster Compressor (BC), Acid Gas Removal Unit (AGRU), Dehidration Unit (DHU), dan Dew Point Control Unit (DPCU).

Untuk menyelesaikan pekerjaan ini, tim Bengkel Maket hanya dibekali video aerial Kawasan Pertamina CPP Matindok yang direkam menggunakan drone. Kondisi ini menjadi tantangan tersendiri bagi tim Bengkel Maket karena harus membuat desain 3D kawasan terlebih dahulu sebelum masuk pada tahap pencetakan dan pemotongan bahan. Oleh karena itu, proses penyelesaian maket kawasan memerlukan waktu yang lebih lama.

Adapun detil Maket Kawasan Pertamina CPP Matindok ini secara singkat dapat kami uraikan sebagai berikut:

  • Maket Kawasan Pertamina CPP Matindok Sulawesi Tengah ini dikerjakan di skala maket 1 : 400.
  • Area maket dibuat pada frame berukuran 180 cm x 120 cm dan dilengkapi dengan kaki meja yang dibuat dengan bahan multipleks finishing HPL tanpa memakai penutup kaca. Pada awalnya maket ini dibuat menjadi 2 bagian frame yang bisa dipisahkan dan bisa disambung agar memudahkan dalam pengiriman. Akan tetapi, pada akhirmya maket ini dikirim secara utuh dalam satu bagian yang sudah dirakit dan dikemas sesuai standar pengemasan Bengkel Maket. Meja dan kaki meja maket dibuat dengan sistem knock down untuk memudahkan proses packing.
  • Maket ini sudah dilengkapi juga dengan instalasi lampu alur simulasi gas dengan dua mode nyala, lampu interior bangunan, lampu eksterior, lampu penerangan jalan, dan lampu sorot yang diarahkan ke sisi tengah zona pengolahan gas.
  • Maket Kawasan Pertamina CPP Matindok menggunakan beberapa bahan utama antara lain filamen plastik (3D print), akrilik, dan kertas ivory.

Untuk mendapatkan hasil yang rapi dan presisi, seluruh potongan dan marking bagian maket diselesaikan dengan mesin laser cutting.

  • Maket kawasan dilengkapi dengan vegetasi yang menggunakan beberapa model jenis tanaman perindang dan beberapa model mobil dengan skala yang sama.
  • Alas maket menggunakan bahan triplek 8 mm yang ditaburi serbuk gergaji dengan pilihan tekstur agak kasar dan diwarnai dengan cat semprot warna hijau yang digradasi untuk mendapatkan efek rumput yang terlihat menarik dan tidak monoton.
  • Judul maket dibuat menggunakan akrilik dengan teknik marking dan gravir.
  • Maket Kawasan Pertamina CPP Matindok diselsesaikan dalam waktu 6 bulan. Durasi penyelesaian maket ini menjadi yang terlama dikerjakan oleh Bengkel maket mengingat detil pekerjaan yang rumit dan ukuran maket yang tergolong besar. Selain itu. adanya beberapa kali perubahan dan revisi terkait detil equipment dan jalur lampu simulasi juga memperpanjang waktu penyelesaian maket.

Demikanlah beberapa informasi yang dapat kami ulas dalam artikel ini. Semoga bisa memberikan gambaran tentang proses pembuatan Maket Kawasan Pertamina CPP Matindok.

Salam sukses.