MAKET PASAR MAMA, JAMBI

Maket Pasar Mama Jambi ini merupakan maket pesanan seorang teman semasa kuliah dulu di UGM Yogyakarta, Mbak Ratna, yang sudah kembali ke Kota Jambi. Kebetulan salah satu proyek beliau adalah mendesain sebuah pasar. Dan kemudian memesan maket ini untuk keperluan presentasi dan sekaligus nanti akan menjadi pajangan sehingga diharapkan nanti hasil maket yang dikerjakan bisa maksimal.

Maket Pasar Mama, Jambi ini dibuat dalam skala 1:200 dengan ukuran meja 120cmx150cm. Maket ini akan dilengkapi dengan instalasi lampu di dalam bangunan dan di jalan agar hasil maket terlihat lebih realistis. Bahan utama pembuatan maket ini untuk setiap detil bangunannya adalah pvc maket dengan finishing semprot cat pylox. Untuk membuat pola garis atap kami kerjakan manual menggunakan cutter akrilik pada bahan PVC dan kemudian disemprot. Adapun area atap yang dibuat transparan, kami menggunakan mika bening.Siteplannya menggunakan tumpukan triplek yang kami lapisi dengan serbuk kayu untuk menimbulkan efek rumput. Kami katakan tadi tumpukan triplek karena lahannya berkontur cukup tinggi sehingga beda elevasinya akan terlihat di maketnya.Meja maket seperti biasa kami pesan di tukang kayu langganan kami menggunakan bahan blockboard dengan finishing HPL motif kayu. Mejanya didesain untuk dibuat knock down atau bisa dibongkar pasang agar memudahkan dalam proses pengirimannya. Untuk judul maket kami membuatkan huruf menggunakan PVC untuk menimbulkan efek timbul pada tulisannya. Untuk waktu pengerjaan, maket ini kami selesaikan sekitar sebulan.

Pengiriman Maket Pasar Mama ini ke Jambi akan melalui jalan darat dengan bantuan jasa paket pengiriman ESL Express menggunakan bus. Untuk menghindari kerusakan pada maket di perjalanan, kemudian kami pesankan sekalian sebuah kotak packingan menggunakan blockboarddi bengkel kayu yang sekaligus mereka mengerjakan juga mejanya. Dengan desain meja maket dibuat knock down, terbukti sangat memudahkan kami ketika proses packing. Antara meja maket dan kaki maket kami pisahkan dalam packingan yang berbeda. Dan sepertinya cukup efektif. Karena kondisi maket tetap baik ketika sampai di tujuan.