Bengkel Maket – Proses Pembuatan Maket

Untuk artikel kali ini, kami akan coba menjelaskan beberapa tahapan dalam proses pembuatan maket yang kami rangkum sesuai pengalaman kami sendiri. Dan karena tim kami menggunakan mesin laser dalam proses pemotongan, maka tentu tahapan yang kami lakukan sedikit berbeda dengan metode yang sudah umum dilakukan. Tahapan pembuatan maket oleh tim kami adalah sebagai berikut :

a. Proses Seting
Pada tahap awal ini, kami memulai pekerjaan dengan melakukan seting terhadap data maket yang dikirimkan klien. Data yang biasa kami terima dari klien biasanya berupa file autocad atau 3D sketchup yang memuat gambar kawasan atau gedung yang akan dibuatkan maketnya. Disini kami mulai mengurai bentukan sisi bangunan antara lain tampak depan, tampak belakang, dan tampak samping kiri dan kanan serta menyelesaikan detil pintu dan jendela serta tambahan detil lainnya. Kami juga mulai menyusun atap serta menyelesaikan setingan siteplan meliputi pola jalan, vegetasi, landscape.

b. Proses Pemotongan
Pada tahapan ini, kami mulai memotong file hasil setingan yang telah kami selesaikan pada tahap a di atas dengan menggunakan mesin laser. Selain memotong, untuk beberapa pola dinding juga ada yang kami marking. Maksud dari marking disini yaitu mengiris sisi dinding tanpa terpotong dengan mengurangi nilai power pada mesin laser hingga membuat garis untuk memperlihatkan pola batu alam atau kedalaman tali air misalnya. Bisa juga untuk membuat pola genteng pada atap. Dan atau mengiris pola conblock pada siteplan atau yang paling sederhananya membuat garis parkir. Karena menggunakan mesin, otomatis potongan dan pola marking hasilnya rapi dan presisi. Sangat praktis memang.

c. Proses Perakitan
Pada tahapan ini, hasil potongan dan marking dari proses pekerjaan b di atas kemudian mulai kami satukan untuk membentuk model bangunan utuh beserta siteplannya. Selanjutnya menyiapkan titik lampu dan jalur kabel untuk keperluan pemasangan lampu eksterior dan interior pada maket. Ada banyak detil lain juga yang kami selesaikan pada tahapan ini, karena maket memang se-kompleks itu. Syukurnya hasil potongan yang presisi oleh mesin laser sangat membantu kami di tahapan ini sehingga kami bisa mendapatkan bentuk maket yang rapi.

d. Proses Finishing
Dan pada tahap inilah kecermatan, ketelitian dan keterampilan para anggota maketer kami di Bengkel Maket diuji. Proses Finishing adalah tahapan terlama dan juga tersulit dalam membuat sebuah maket. Bagus tidaknya pekerjaan maket banyak ditentukan dari keberhasilan pada proses finishing ini.

Pekerjaan pengecatan maket dilakukan di tahap ini. Dan hanya orang yang cermat, teliti dan terampilah yang bisa melakukannya. Semisal ketika mengecat dinding bangunan maket, jika ada area yang tidak rata hasilnya akan terlihat tidak rapi. Maka kemudian dilakukan pendempulan dan pengecatan kembali yang proses ini bisa saja dilakukan berulang sehingga hasil pengecatannya bisa sempurna.

Pekerjaan lampu. Pada tahapan ini rangkaian instalasi listrik dirapikan setelah dipastikan tidak ada lampu yang gagal menyala, baik untuk lampu eksterior maupun interiornya. Jadi semisal ada lampu yang mati, maka akan dilakukan tracking untuk menemukan asal kerusakan.

Terakhir adalah menata vegetasi pada maket supaya nantinya hasil akhir maket akan terlihat lebih hidup dan bernyawa. Pohon-pohon disusun mengikuti gambar di maket atau juga tidak. Tidak lupa untuk memastikan jenis pohon yang ditanam. Ada yang model rindang, cemara ataupun palem. Bahkan tanaman rimbun juga ada. Inti tujuannya adalah supaya landscape maket bisa terlihat hijau alami.

e. Proses Packing dan Pengiriman
Tentu sangat melegakan ketika maket sudah selesai sempurna. Tapi tunggulah dulu. Ada satu tahapan terakhir yang harus dilakukan. Yaitu melakukan packing yang aman terhadap maket untuk kemudian dikirimkan kepada klien. Jenis packing disesuaikan dengan model pengirimannya. Semisal pengiriman untuk di dalam kota dan sekitarnya, packing boleh dilakukan sederhana saja. Dan hal ini tidak pernah menjadi masalah.

Tapi jika pengiriman maket untuk keluar kota, maka packing dilakukan lebih ketat. Biasanya kami membuatkan box maket menggunakan multipleks dengan ketebalan 5mm sampai 8mm. Kemudian maket juga kami bungkus menggunakan bubble wrap sebelum kemudian kami masukan ke dalam box tadi. Untuk jasa kirimnya kami menggunakan kargo langganan kami yang terpercaya karena sudah sering membantu kami mengirimkan maket ke berbagai kota di Indonesia semisal Jakarta, Bandung, Surbaya, Solo, Sragen, Madiun bahkan ke Bali.

Bagaiman metode packing untuk maket ke luar pulau jawa dengan jasa kargo via udara? Kami belajar dari pengalaman pahit ketika maket kami berantakan ketika dikirim ke Papua. Maka kemudian kami menggunakan packing berlapis. Maket yang sudah kami bungkus bubble wrap kemudian kami masukan ke dalam box multipleks. Setelah cukup kuat, kemudian box ini kami packing lagi menggunakan kayu yang semua sisinya sudah kami lapis styriofoam. Dan sejak itulah kami tidak lagi mendapatkan komplain untuk maket kami dari klien kami dari luar pulau.

Untuk menemukan tim jasa pembuatan maket yang kredibel tentunya harus melihat berbagai faktor. Harus dipastikan bahwa tim mereka memiliki workshop dengan segala perlengkapannya. Semakin komplit alatnya akan semakin baik. Harus dicek juga portofolio pekerjaannya, untuk disesuaikan dengan kebutuhan maket kita. Dan jika memungkinkan untuk bisa dicek juga testimoni klien-klien yang pernah menggunakan jasa mereka jika ada.

Tim Jasa pembuatan maket mestinya juga bisa diajak berdiskusi mengenai detil maket yang akan kita kerjakan dan bahkan mereka bisa memberi bermacam saran positif berdasarkan pengalaman. Umumnya tim jasa pembuatan maket memiliki memiliki paling tidak seorang personil dengan background pendidikan arsitektur sehingga mereka mampu mengoperasikan software desain semisal autocad dan 3D sketchup. Karena dari data inilah yang kemudian nanti diolah menjadi sebuah bentuk fisik berupa maket.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *