MAKET PLTU MANADO

Maket PLTU Manado ini bisa dikatakan sebagaisebuah petualangan besar bagi kami dalam proses pembuatannya. Saat itu masih dalam tahap awal kami mulai mengerjakan maket proyek. Tim kami harus berangkat ke Jakarta untuk mengerjakan maket ini. Dan kami menumpang di salah satu rumah rekan kami yang sementara itu kami gunakan area di lantai duanya untuk workshop. Pada saat itu kami masih membuat maket secara manual sehingga waktu pengerjaan menjadi cukup lama. Syukurnya kami disambut baik oleh tuan rumah dan banyak menerima support selama kami mengerjakan Maket PLTU Manado ini.

Klien kami dalam mengerjakan Maket PLTU Manado ini adalah PT. WIJAYA KARYA (persero) tbk. Maket PLTU Manado ini dibuat dalam ukuran 1,5mx1,5m dengan bahan meja block board finishing duco yang ketika itu kami pesan dari Jogja oleh tim langganan kami. Adapun penutup maket menggunakan kaca dengan ketebalan 8mm. Bisa dibayangkan betapa beratnya maket ini. Pada saat itu kami belum mengenal teknologi laser sehingga 100% pekerjaan maket ini adalah hasil buatan tangan. Bahkan untuk beberapa detil item yang cukup rumit semisal mobil crane dan kapal tongkangnya kami kerjakan sendiri manual. Karena ukuran maket dirasa terlalu besar, maket ini kemudian kami buat dalam 2 bagian frame yang bisa dipisahkan dan bisa disambung agar memudahkan dalam pengiriman ke Manado dari Jakarta karena akan dikirimkan via cargo pesawat.

Bahan yang saat itu banyak kami gunakan adalah PVC maket dan kertas ivory tebal yang kami tumpuk untuk mendapatkan ketebalan dinding sesuai skalanya. Untuk efek air laut kami menggunakan resin. Siteplan seperti biasa, kami gunakan serbuk kayu dengan finishing semprot pylox. Pola finishing yang sama kami gunakan untuk keseluruhan bangunan dengan dominan berwarna biru dan putih. Sedangkan untuk mendapatkan efek kasar pada tumpukan batu baranya kami menggunakan pasir yang kami taburkan ke ivory yang sudah dibentuk. Adapun untuk cerobongnya karena mengambil bentuk kerucut, kami memesan khusus dari tukang kayu bubut.

Waktu pengerjaannya kurang lebih sekitar 6 minggu. Cukup lama memang. Tentu dimaklumi mengingat detil pekerjaan yang cukup rumit serta ukuran maketnya yang lumayan besar. Syukurnya, hasil akhirnya sangat memuaskan. Hal ini juga diakui oleh pihak owner. Maket PLTU Manado ini merupakan sebuah maket yang menjadi salah satu karya terbaik kami di awal bengkel maket berdiri.